9 Makanan Muay Thai

Hai Crew!

Apakah kamu pernah merasa lelah dan bertanya-tanya apakah harus melewatkan latihan untuk hari itu? Semangat untuk latihan memang kadang naik-turun. Wajar saja, itu normal. Ada beberapa faktor yang dapat menambah kelesuan dan energimu yang rendah. Contohnya kebiasaan gaya hidup yang tidak tepat, seperti istirahat yang tidak mencukupi atau pilihan nutrisi yang buruk. 

Ketika kamu mengubah gaya hidup dan pola makan, aku harap kamu bisa tetap bersemangat sepanjang pelatihan. Salah satunya adalah lanjutan dari Tips Dasar Diet dan Nutrisi untuk Muay Thai yaitu makanan yang bisa kamu makan sebelum latihan Muay Thai. Kenapa ini menjadi penting?

Muay Thai adalah olahraga kardio kombinasi antara kardio aerob dan anaerob. Ada baiknya kamu tidak latihan Muay Thai dengan perut kosong ataupun perut penuh setelah makan. Penelitian menunjukkan bahwa jika kamu berolahraga dengan perut kosong, sekitar 10% kalori yang terbakar akan berasal dari protein, yang termasuk otot yang hilang. Pun jika kamu latihan dengan perut penuh, kemungkinan perutmu sakit atau bahkan muntah. Jadi bagaimana? Jawabannya adalah camilan ringan dan sehat. 

9 Makanan sebelum latihan Muay Thai

Makan camilan tersebut memberikan kamu bahan bakar yang diperlukan untuk mempertahankan intensitas latihan kamu. Apa yang kamu makan memiliki dampak besar saat kamu latihan. Kamu bisa memilih camilan berkisar 200-300 kalori yang terdiri dari karbohidrat kompleks dan protein tanpa lemak. Kamu bisa memilih untuk makan 9 camilan ini sekitar 45-60 menit sebelum latihan Muay Thai.

1. Greek Yoghurt

Greek yogurt mengandung kualitas protein yang tinggi. Greek yoghurt adalah opsi camilan pertama yang bisa memberikan energi untuk membantu latihanmu. Kamu bisa mengecek kandungan gula dan lemak di dalamnya untuk Greek Yoghurt dengan kalori yang lebih rendah.

2. Kentang

Karbohidrat ringan yang bisa kamu pilih adalah kentang. Biasanya tiap 300 gram kentang mengandung 225 kalori dan 50 gram karbohidrat. Kentang pun kaya vitamin C dan serat. Cara terbaik menyajikan kentang sebagai cemilan untukmu adalah merebusnya.

3. Apel

Apel mengandung karbohidrat, vitamin C, B-complex, serat pangan, dan mineral seperti kalsium dan potasium. Sudah tidak asing lagi banyak orang yang menggunakan apel untuk camilan mengenyangkan.

4. Roti gandum atau Whole oatmeal

Roti gandum dan whole oatmeal mengandung karbohidrat dengan tinggi serat pangan yang dapat memberikan energi sebelum kamu latihan. Roti gandum dan whole oatmeal menyuplai karbohidrat secara perlahan ke darahmu selain itu memberikan rasa kenyang lebih lama.

5. Nanas

Nanas memang mengandung cukup tinggi gula di dalamnya. Namun untuk kamu yang akan latihan olahraga seperti Muay Thai, kandungan gula tersebut dapat digunakan sebagai energi cadanganmu. Nanas banyak mengandung enzim – bromelain yang dapat berfungsi sebagai anti-peradangan dan bisa sangat membantu ketika kamu mengalami cedera saat berolahraga, apalagi jika kamu termasuk seseorang yang memiliki sistem imun lemah. Nanas juga memiliki kandungan mangan, mineral yang bisa menjaga metabolisme dan memicu pertumbuhan kolagen, yang sangat penting untuk penyembuhan luka.

6. Strawberry atau berry lainnya

Strawberry atau berry lainnya mengandung banyak vitamin C, antioksidan dan dapat meningkatkan stamina kamu saat berolahraga. Strawberry juga rendah kalori. Biasanya Strawberry bisa menjadi camilan tunggal atau pendamping camilan lain.

7. Kancang-kacangan atau peanut butter

Nutrisi dari kacang mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Kombinasi tersebut sangatlah pas untuk kamu konsumsi sebelum latihan dimulai. Kamu bisa memilih kacang kedelai, kacang mede, kacang almond, atau kacang pistachio. Perlu diingat bahwa kalori kacang-kacangan cukup tinggi. Kamu bisa mengambil segenggam kacang atau sesendok peanut butter. Baiknya kamu mengecek juga kandungan gula dalam peanut butter atau selai kacang.

8. Pisang

Kamu mencari pisang di daftar atas? Iya buah yang populer ini merupakan pilihan energi cepat untuk mengatasi kelesuan. Pisang mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dan potasium, yang membantu tubuh kamu mempertahankan fungsi saraf dan otot. Pisang pun tinggi vitamin B6 yang merupakan salah satu komponen dalam minuman energi. Seiring dengan kalium itu, pisang adalah sumber magnesium yang bagus, yang membantu melindungi kamu dari kejang otot selama dan setelah latihan. Pisang adalah camilan termudah untuk dibawa dan dimakan saat bepergian dalam perjalanan ke camp. Itulah mengapa pisang adalah camilan pra-latihan yang sempurna.

9. Telur

Protein merupakan urutan terakhir dalam penyediaan energi ke tubuh. Namun protein memberikan 5-10% dari kebutuhan energi kamu dan sangat penting untuk memperbaiki otot. Telur adalah salah satu sumber termudah dan termurah untuk mencukupi protein harian serta mudah untuk kamu siapkan sebelum latihan. Cukup rebus 2 atau 3 butir telur kamu akan memperoleh energi yang cukup sebelum latihanmu.

Kombinasi!

Dari 9 makanan diatas, kamu bisa mengkombinasikan makanan tersebut. Kombinasi tersebut tergantung kesukaanmu serta kreativitasmu. Aku memberikan beberapa saran kombinasi diantaranya. Ingat, kuncinya adalah tetap menjaga ‘jumlah’ camilan tersebut.

1. Greek yoghurt dan strawberry atau berry lainnya.

Dengan menambahkan buah seperti strawberry atau berry lainnya, kamu bisa menggabungkan rasa, well, tidak semua orang menyukai rasa Greek yoghurt. Selain tu buah tersebut bisa menambahkan nutrisi dan mineral dalam camilanmu. Kamu bisa berkreasi dengan buah-buahan lain yang sesuai dengan seleramu

2. Apel dengan peanut butter

Gabungan antara karbohidrat, vitamin dan protein sangat pas untuk memberikan energi sebelum latihan dimulai.

3. Roti gandum dengan peanut butter

Sehelai roti gandum ditambah sesendok peanut butter memberikan energi dari karbohidrat, serat dan protein bagimu. Cukup diingat untuk menyesuaikan porsimu.

4. Buat kreasimu sendiri!

Makanan yang kurang baik untuk dimakan sebelum latihan Muay Thai

Di sisi lain dari bahasan ini, ada juga makanan yang sebaiknya kamu hindari sebelum latihan. Makanan-makanan ini berkontribusi kecil untuk kebutuhan gizi dan memperburuk energi kamu.

1. Makanan yang mengandung gula sederhana

Makanan dengan kadar gula sederhana yang tinggi akan menyebabkan gula darah kamu meningkat dengan cepat, dan kemudian energi kamu akan menurun secara cepat ketika kadar glukosa menurun. Contoh makanan ini seperti donat, minuman berenergi, soda dan permen.

2. Makanan yang tinggi lemak jenuh

Makan tinggi lemak memerlukan waktu yang lama untuk dicerna. Makanan tersebut bisa memakan waktu hingga empat jam untuk dicerna, yang bisa sangat memperlambat kamu. Darah yang kamu butuhkan di pada ototmu akan malah teralihkan ke perutmu untuk mencerna makanan mu. Bila itu terjadi kamu dapat mengalami kram perut dan kembung sehingga membuat latihan kamu sangat tidak nyaman. Contohnya burger dan kentang goreng. Apalagi nasi padang!

Terakhir

Itulah rekomendasi dariku untuk makanan sebelum kamu latihan Muay Thai. Semoga energi dan semangatmu bertambah ketika latihan Muay Thai.

Good Food, Good Mood

Salsa

Diet Intermittent Fasting Journey

Diet Journey dengan Intermittent Fasting Kemarin gue dapet beberapa pernyataan tentang “Gue mau punya badan kayak lo!” atau “Gue mau tips diet” setelah post Instastory

Read More »

Diet ala Muay Thai Fighter

Diet ala Hai Crew! Muay Thai adalah olahraga bela diri dari Thailand yang dikenal sebagai seni 8 serangan. Berat badan menjadi faktor penentu kelas pertandingan.

Read More »