Latihan Muay Thai

Hai Crew!

Muay Thai adalah salah satu olahraga yang populer bagi kaum hawa di Indonesia. Olahraga ini digandrungi mulai dari artis ibukota hingga anak-anak, baik muda ataupun tua. Tiap orang memiliki alasannya sendiri untuk latihan Muay Thai. Mulai dari sekedar hobi, menjaga kebugaran, menurunkan berat badan, hingga menjadi petarung. Di Indonesia Muay Thai berkembang menjadi Muay Thai cardio atau Muay Thai body shaping class. Siapa yang tidak jarang mendengar “Aku latihan Muay Thai biar kurus.”?. Tepat sekali, bukan hanya terkenal sebagai olahraga bela diri yang ganas tapi juga sesederhana untuk menurunkan berat badan. Aku pribadi sudah latihan Muay Thai sejak tahun 2015 dimulai dengan kalimat “Aku latihan Muay Thai biar kurus.”, lalu mulai jatuh cinta dan fokus latihan, mengikuti seminar, dan mengambil kursus untuk menjadi pelatih Muay Thai. Kebanyakan klienku adalah Yummy Mommy, yaitu ibu-ibu muda yang ingin menghempaskan lemak membandel.

Banyak perempuan tidak nyaman dengan latihan bersama atau group training dan memilih latihan dalam sesi private. Beberapa diantaranya dikarenakan lebih nyaman, lebih fokus, lebih diperhatikan, lebih menyesuaikan kondisi tubuh, lebih bisa bertanya atau berkomunikasi dengan pelatih, lebih bisa menyesuaikan waktu, atau bahkan khusus mencari pelatih perempuan juga agar tidak khawatir aurat. Tidak sedikit juga perempuan yang lebih menyukai group training. Bagusnya latihan di sesi group training tidak akan membuat canggung karena satu lawan satu dengan pelatih mu serta bisa berkenalan dengan teman baru.

Sebelum berlatih Muay Thai ada baiknya menjelaskan kondisi tubuh terlebih dahulu. Biarkan pelatih mu tahu kondisi tubuhmu, jangan sampai terjadi cedera atau hal-hal yang tidak diinginkan sebelumnya. Latihan lah minimal dua kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil maksimal.

Manfaat Muay Thai bagi Perempuan

Meskipun terdengar olahraga yang ganas, Muay Thai memiliki banyak manfaat bagi Perempuan. Salah satu yang paling populer adalah Muay Thai bisa menurunkan berat badan. Perlu diketahui bahwa timbangan bukanlah acuan utama. Maksudku peningkatan kebugaran fisik tidak hanya tergantung dengan angka timbangan tapi juga level kebugaran, level tenaga, dan level kesehatan. Ingat kuncinya, kurus itu bonus. Mengapa demikian? Beberapa klienku terlalu memikirkan angka timbangan berlebihan, hal ini tidak baik karena malah bisa memicu stress dan menghasilkan hormon kortisol yang tinggi di dalam tubuh. Ketika hormon tersebut terlalu banyak di dalam tubuh akan sulit untuk menurunkan berat badan. Nikmatilah sesi latihan dan prosesnya. Yuk ketahui manfaat lain Muay Thai bagi perempuan:

1. Meningkatkan stamina

Fase pertama sebelum target membentuk tubuhmu tercapai adalah perbaikan stamina tubuh. Ini seringkali diabaikan apalagi bagi kamu yang mengincar pergeseran angka timbangan ke kiri. Padahal peningkatan stamina tubuh adalah sebuah indikator kemajuan bagi tubuhmu. Memang sesi pertama Muay Thai terkadang sangat berat dan menyisakan tubuh nyeri karena baru mulai latihan Muay Thai dan memberikan kesan agak tidak sesuai. Tetapi percayalah ketika tubuhmu telah berhasil menyesuaikan dengan sesi latihan Muay Thai maka stamina kamu akan bertambah juga. Olahraga pun meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik akan memaksimalkan fungsi tubuhmu dan kesehatanmu sehingga kamu tidak mudah sakit dan selalu bisa beraktivitas.

2. Menghilangkan stres

Ada dua jenis hal yang dilakukan orang ketika stress yaitu melampiaskan atau malah bersantai saja. Jika kamu termasuk golongan yang pertama, salah satu yang bagus kamu coba adalah Muay Thai. Muay thai bukan hanya olahraga fisik tapi juga mental. Penat dan emosi yang terkumpul seharian memang paling pas jika dilampiaskan kepada sesuatu hal. Gerakan memukul dan menendang dijamin cocok untuk menghilangkan stress. Selain menghilangkan stress latihan Muay Thai juga menghasilkan hormon endorfin jadi kamu akan merasa lebih baik dan senang setelah latihan. Endorfin adalah bagian dari kelompok bahan kimia yang disekresikan di dalam otak dan sistem saraf. Di antara banyak manfaatnya, endorfin memicu perasaan positif, membantu dalam manajemen stres, membantu kamu untuk rileks dan meningkatkan kualitas tidur kamu.

3. Membentuk tubuh

Gerakan memukul dan menendang dalam Muay Thai memerlukan tenaga dan menghasilkan keringat. Muay Thai adalah olahraga kardio yang melatih paru-paru dan jantung membentuk tubuh, menguatkan tulang, memperbaiki keseimbangan, merampingkan pinggul, menambah fleksibilitas, serta memperkuat otot tubuh. Tidak semua perempuan ingin memiliki tubuh yang berotot, pun olahraga Muay Thai tidak menjadikan kamu berotot. Olahraga ini hanya menggunakan body weight atau berat tubuhmu saja. Otot tubuh dilatih selain dengan gerakan Muay Thai yaitu dengan selingan sit up, push up, leg raises, plank, dan latihan body weight lainnya. Nah dari situ ototmu akan terlatih untuk menjadi lebih kuat dan memiliki endurance atau ketahanan yang baik.

Gosip terpopuler kalangan member Muay Thai adalah “Muay Thai bisa membakar 1000 kalori dalam waktu satu jam”. Eits tunggu dulu, semua ini tergantung tenaga dan lama waktu istirahat yang kamu lakukan. Ingat kata ‘bisa’ bukan ‘pasti’ membakar 1000 kalori dalam waktu satu jam. Tapi jangan khawatir karena bila dilakukan dengan serius ditambah kombinasi diet yang tepat pastinya akan menghasilkan tubuh yang proporsional dan ideal. Muay Thai juga cocok untuk menjaga berat badanmu.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Beberapa orang yang bekerja dibalik meja atau ibu rumah tangga yang tidak banyak beraktivitas fisik akan memicu perlambatan metabolisme tubuh. Contohnya sebagian orang yang agak sulit atau tidak teratur BAB. Penyebabnya bisa jadi adalah metabolisme tubuh yang lambat. Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa Muay Thai adalah olahraga kardio yang melatih paru-paru dan jantung. Hal tersebut akan memicu peningkatan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang meningkat akan membuat kinerja tubuh seperti hati, ginjal, dan usus lebih maksimal.

5. Melindungi diri

Maraknya kasus pelecehan seksual di Indonesia sekarang sangatlah mengkhawatirkan. Kasusnya beragam mulai dari verbal, fisik, visual, yang berbusana terbuka atau tertutup, di ruang terbuka atau maya, entah siang atau malam. Kasus-kasus tersebut membuat eksistensi olahraga bela diri melonjak. Walaupun tidak ada jaminan kamu akan menang melawan pelaku tapi setidaknya kamu bisa melawan jika terdesak lalu melarikan diri.

Refleks dan kewaspadaan mu akan dilatih dalam sesi latihan Muay Thai. Refleks meningkat ketika otak dan otot kamu berkomunikasi satu sama lain dengan lebih efisien.Teknik Muay Thai bukan hanya sederhana tapi juga bertenaga. Jarak serangan Muay Thai juga dari dekat hingga jauh. Itu artinya kamu akan bisa melindungi diri dari bahaya.

6. Meningkatkan percaya diri

Ketika kamu latihan Muay Thai kamu akan meningkatkan percaya diri juga. Apalagi saat bentuk badan sudah oke, daya tahan tubuh baik, terlihat segar dan tidak stres, ditambah bisa melindungi diri sendiri dijamin kamu akan auto percaya diri. Kamu tiba-tiba menjadi lebih sadar akan semua hal luar biasa yang mampu dilakukan tubuhmu. Nah ketika kamu sudah percaya diri otomatis kamu akan semakin produktif.

Efek latihan Muay Thai?

Meskipun Muay Thai memiliki segudang manfaat, ada juga efek dari latihan Muay Thai yaitu memar, keseleo, atau cedera. Ini adalah efek semua jenis olahraga. Jangan khawatir! Cukup makan sehat serta istirahat yang cukup untuk memulihkan tubuh. Sebagian orang mungkin sebaiknya tidak latihan Muay Thai yaitu jika kamu yang memiliki nyeri pinggang, lutut, siku, engkel kaki, atau pergelangan tangan, dan sebagainya. Kamu bisa menyembuhkan dulu nyeri atau cedera di tubuhmu sebelum memulai sesi latihan Muay Thai. Jika keluhan tersebut berkepanjangan, kamu perlu memberi tahu pelatih mu tentang kondisi tubuhmu agar sesi latihan bisa disesuaikan dengan kemampuan tubuhmu.

Terakhir

Fight like a girl.

Muay Thai bagiku lebih dari sekedar olahraga bagiku. Banyak sekali perubahan di tubuhku dan juga di hidupku karena latihan Muay Thai. Muay Thai juga yang memberikan aku kesempatan untuk belajar melatih, mendapatkan uang tambahan, mengenal teman-teman, hingga bahkan suamiku. Muay Thai juga mengajarkan aku tentang respect kepada orang tua, pelatih, lawan, teman, dan klien. Apapun tujuanmu untuk latihan Muay Thai, tetap semangat. Hasil tidak akan menghianati usaha. Segera daftarkan dirimu ke camp terdekat dan rasakan manfaatnya!