6 Latihan Muay Thai bagi Tubuh

Hai Crew!

Olahraga adalah cara terbaik untuk berinvestasi dengan tubuh kita. Pertanyaannya, kenapa harus Muay Thai? Paling standar, alasannya karena Muay Thai bermanfaat untuk menjaga dan malindungi diri dari tindak kejahatan. Nah, selain itu Muay Thai punya berbagai manfaat juga bagi tubuh. Berikut adalah 6 manfaat dari latihan Muay Thai bagi tubuh:

1. Efektif membakar kalori

Muay Thai memiliki banyak gerakan putaran, seperti sikut dan tendangan. Gerakan tersebut memerlukan daya tahan, kekuatan, dan kelincahan tubuh. Gerakan gesit dan penuh tenaga yang melibatkan seluruh anggota tubuh tersebut efektif untuk mengencangkan dan membakar kalori.

Banyak research mengatakan bahwa Muay Thai merupakan salah satu bentuk latihan High Intensity Interval Training (HIIT) yang dianggap bagus untuk pembakaran kalori.

Mengapa begitu?

Latihan Muay Thai berlangsung selama 1-1.5 jam per sesi. Selama sesi berlangsung model latihan Muay Thai umumnya shadow boxing, atau heavy bag, atau padding, atau sparring, yang satu putarannya dilakukan selama 3 menit dan jeda istirahat 1 menit. Jantung kamu dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang berbeda dengan sangat cepat, dan beroperasi di luar rutinitas normal. Ini akan meningkatkan metabolisme kamu dan jika metabolisme tubuhmu meningkat, ini juga akan meningkatkan pembakaran kalori tubuh kamu lebih lama setelah sesi latihanmu.

Research lain mengatakan alasan lainnya yaitu latihan Muay Thai sama seperti efek mengangkat beban atau menggunakan resistensi band. Eits, tapi ada  syaratnya, yaitu melakuan repetisi pukulan dan tendangan dengan kekuatan penuh. Setelah beberapa putaran, kamu akan merasakan kelelahan. 

Tapi, ini hal bagus kan?

Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, Muay Thai merupakan olahraga dengan kombinasi HIIT namun memiliki efek seperti mengangkat beban atau resistensi band.

2. Melatih otot tubuh

Latihan Muay Thai juga diiringi dengan latihan sit-up, push-up, squat, leg-raises, dan lainnya yang pastinya untuk melatih tubuh kamu, Crew!

Tidak hanya efektif membakar kalori, Crew!

Latihan Muay Thai dapat memperkuat otot-otot tubuhmu. Tiap tahunnya tubuh kamu bisa kehilangan sekitar 200 gram otot, nah jadi penting untuk tetap melatih tubuh otot tubuh kamu. Otot-otot lengan akan terlatih lewat gerakan pukulan dan sikutan. Otot perut dan pinggang terlatih karena untuk membuat gerakan pukulan, sikutan, tendangan atau lutut, otot perut dalam posisi dikunci dan otot pinggang dilatih keluwesan dan kefleksibelannya. 

Selain bagian atas tubuh, Muay Thai juga melatih tubuh bagian bawah karena Muay Thai menggunakan kaki sebagai kuda-kuda atau stand-position dan sebagai teknik bertarung. Biasanya bentuk latihan Muay Thai selalu diiringi dengan lari ataupun lompat tali atau skipping untuk melatih kekuatan kaki dan menyiapkan kekuatan kaki untuk teknik bertarung selanjutnya seperti tendangan atau kick, dan lutut atau knee.

3. Menjaga kepadatan tulang

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulangmu akan berkurang bila tidak diiringi dengan asupan kalsium yang cukup. Selain itu metabolisme kita yang cenderung melambat membuat sulit untuk menghindari kenaikan berat badan. Apalagi banyak orang yang hanya bekerja atau menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk dan menatap laptop. Duduk dalam waktu lama menyebabkan postur tubuh yang buruk dan bisa menjadi pemicu penambahan berat badan, peningkatan risiko diabetes, dan bahkan kematian dini. Meningkatnya berat badan dan tulang rapuh karena usia serta kurang kalsium adalah kombinasi mematikan yang dapat menyebabkan cedera berulang dan penyakit seperti osteoporosis. Agar hal ini tidak terjadi, kamu perlu olahraga!  Muay Thai bisa menjadi pilihanmu, Crew!

Muay Thai akan menekankan tulang dan persendianmu, dan ini adalah cara meningkatkan kepadatan tulang. Jadi, Muay Thai dapat membantumu menangkis efek usia tua. Selain itu tulang kering kita yang semula sensitif terhadap benturan akan menjadi berkurang kesensitifannya dengan latihan Muay thai secara rutin.

4. Membuat kulit bercahaya

Latihan Muay Thai dengan gerakannya yang gesit menyebabkan keringat menjadi lebih cepat keluar. Berkeringat akan membantu mengeluarkan minyak dan kotoran yang terperangkap pada pori-pori, kotoran dan minyak inilah yang bisa merusak kulit kamu dan menyebabkan penuaan. Berkeringat akan  membantu pori-pori kita untuk terbuka dan membantu kulit untuk membersihkan dirinya.

Setiap kali kamu berolahraga, darah dan oksigen akan lebih banyak mencapai bagian tubuh kamu. Termasuk kulitmu. Nah, ini akan mendorong lebih banyak nutrisi ke kulit kamu, serta meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah struktur organik yang membangun kulit dan membantu mengurangi keriput.

Sesi latihan Muay Thai bukan hanya membantu kamu untuk menjadi bugar, Crew! Peningkatan aliran darah dan oksigen akan membuat metabolisme tubuh kita meningkat dan racun yang keluar dari tubuh termasuk lewat keringat. Lama-kelamaan dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya. Eits, tapi jangan lupa membersihkan kulit setelah latihan ya! Agar memastikan kalau kotoran tidak terserap lagi ke dalam pori-pori.

5. Meningkatkan stamina

Hayooo siapa disini yang pernah mencoba latihan Muay Thai tapi kapok karena merasa kelelahan dan pegal-pegal?

Sebenarnya ini hal wajar pada saat memulai olahraga apapun, termasuk Muay Thai. Namun, jika kamu rutin latihan Muay Thai, maka stamina tubuhmu akan meningkat dan kamu pun akan menjadi lebih kuat. Tubuh yang menjadi lebih bugar dan ringan akan mempermudah kita melakukan aktivitas sehari-hari. Stamina tubuh kita yang meningkat akan memberikan daya tahan pada tubuh kita.

Bagi kamu yang sering merasakan pegal-pegal setelah latihan, kamu bisa menambah asupan air, protein serta omega 3 untuk membantu tubuh kamu recovey lebih cepat. Jangan lupa istirahat yang cukup ya!

6. Mengurangi stres

Bagi aku pribadi, latihan Muay Thai sangat bermanfaat untuk mengurangi stres. Hal ini akan bermanfaat bagi kesehatan mental kita. Kamu dapat melepaskan penat, stres, emosi yang menumpuk pada samsak!

Muay Thai merupakan latihan aerobik yang dikaitkan dapat membantu mengobati berbagai penyakit mental, termasuk depresi. Hormon endorfin yang keluar pada saat latihan akan mengurangi stres, memberikan energi positif, dan mengurangi kecemasan. Selain itu latihan Muay Thai yang rutin dapat mendisiplinkan diri dan memupuk keberanian. Latihan Muay Thai akan meningkatkan kewaspadaan diri.  

Nah singkatnya, Muay Thai dapat bermanfaat bagi siapa saja. 

Berlatih dengan rutin akan memaksimalkan manfaat-manfaat di atas dan kamu akan merasakan perubahannya! 

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli jika kamu punya kondisi tertentu!

Jangan malu untuk memulai latihan Muay Thai ya!

Practice makes perfect.