Latihan Muay Thai

Memulai sesuatu yang baru mungkin terkadang menegangkan. Belum tau apa yang harus dilakukan, belum kenal orang disana, ataupun belum tau harus pakai baju apa. Ini adalah kebingungan khas anak baru, dimanapun ia berada. Mungkin hal ini akan sedikit berbeda, untuk kamu para ekstrovert yang mudah sekali bergaul. Tapi untuk aku sendiri yang cenderung introvert, menganggap diam sama dengan emas. Akan berbeda lagi kalau kamu punya teman, setidaknya ada seseorang yang dikenal. Setidaknya kalau sama baru pertama kali dan salah, kemungkinan tidak salah sendirian. Benar kan?

Apa yang harus kamu persiapkan?

Pertama dan utama yaitu kamu memilih camp yang sesuai dengan jadwal dan kebutuhan kamu. Memilih camp yang tepat menurutku adalah hal yang penting. Terlebih lagi kalau kamu tidak mengenal seorangpun di camp tersebut. Saranku yang pertama adalah kamu mencari camp terdekat dari akses kamu, entah dari rumah, sekolah, kampus, ataupun tempat kerja. Lokasi camp yang dekat dengan tempat yang selalu kita kunjungi akan memotivasi untuk selalu datang untuk latihan. Bayangkan jika lokasi camp bertolak belakang dengan area kita, untuk memiliki motivasi berangkat ke tempat latihannya saja sudah cukup sulit!

Aku memulai latihan Muay Thai pertama kali pada tahun 2014, di ASTA camp Bogor. Tahun 2014 Muay Thai belum seramai sekarang. Modal kekeuh ingin kurus, sendirian pun gapapa malah seperti kelas private. Mulai 2015 hingga 2019, aku latihan dan mulai melatih di Legacy Muay Thai Bogor.

Setelah itu pastikan camp tersebut memiliki jadwal disaat kamu memiliki waktu luang. Bagi kamu yang pemula dalam olahraga ini, baiknya kamu tanya untuk jadwal kelas dasar atau basic. Perlu diketahui bahwa Muay Thai bukanlah olahraga yang memiliki jenjang sabuk layaknya karate ataupun taekwondo, jadi penyesuaian kelas biasanya dibedakan melalui kelas:

  • Basic class
  • Cardio class
  • Technique class
  • Fighter class

Apa sih bedanya kelas tersebut?

Bukannya Muay Thai sendiri adalah olahraga cardio?

Dari banyaknya camp yang telah aku mampiri, biasanya tiap camp memiliki prioritas atau jagoan kelasnya. Ada beberapa camp yang fokus pada mama muda-atau perempuan atau ada yang fokus pada melatih petarung. Umumnya basic class merupakan kelas yang terjadwal untuk semua golongan member, gerakan yang diajarkan mulai dari dasar hingga menengah. Tidak jauh beda dengan cardio class. Pada cardio class umumnya pelatih akan memberikan lebih banyak variasi latihan dengan body weight (tanpa beban) atau beban ringan yang dikombinasikan dengan teknik dasar Muay Thai. Berdasarkan pengalaman pribadi, latihan Muay Thai di kelas cardio class tidak mengutamakan pada gerakan Muay Thai itu sendiri.

Level selanjutnya adalah technique class dan fighter class. Level ini dapat kamu coba ketika telah berlatih 3 sampai 6 bulan secaara rutin. Apa fungsinya? Kelas ini biasanya merupakan kelas lanjutan dengan variasi serangan atau gerakan yang lebih kompleks dan untuk membenarkan gerakan kamu yang kadang tidak terkoreksi di kelas dasar. Level selanjutnya adalah kelas fighter atau petarung, kelas ini merupakan kelas intensif untuk meningkatkan kemampuan dan stamina kamu. Khususnya jika kamu ingin mencoba ikut pertandingan Muay Thai. Di kelas tersebut biasaya ditambah dengan sesi sparring satu-lawan-satu.

Berapa biayanya?

Standar biaya pendaftaran berkisar 100 ribu rupiah. Biasanya Muay Thai Camp menggunakan sistem perkedatangan atau unlimited untuk satu bulan. Paket perkedatangan untuk masa berlaku satu bulan biasanya dibagi lagi menjadi 1x, 4x, 6x, 8x, atau 12x. Sejak tahun 2014 hingga sekarang single visit atau 1x datang sekitar 100-150 ribu untuk bukan member. Kalau kamu sudah member disana dengan membayar biaya pendaftaran, untuk 1x datang sekitar 50-100 ribu. Paket di tiap camp berbeda-beda, berkisar 250-400 ribu untuk 4x kedatangan. Sementara jika kamu sudah siap untuk memasukan Muay Thai ke dalam list harian, lebih hemat untuk mengambil paket unlimited yang biasanya sekitar 600 ribu hingga 1 juta rupiah.

Apa yang harus kamu kenakan?

Muay Thai bukanlah bela diri berseragam, kamu bisa dengan santai mengenakan pakaian olahraga apapun. Eits, tunggu dulu. Biar kamu tidak salah kostum sendirian, saranku bagi perempuan bisa menggunakan celana training panjang atau pendek ataupun legging, baju kaos panjang-pendek-ataupun tank top atau sport bra juga bisa menjadi pilihan kamu. Bagi kamu yang menggunakan kerudung, pastikan kerudung kamu yang nyaman dan fleksibel untuk berolahraga, tanpa banyak jarum ranjau, kamu bisa menggunakan kerudung langsungan agar simple. Bagi laki-laki biasanya lebih pede untuk pakai boxer, apalagi boxer Muay Thai, gaya kamu akan dijamin paling ready to train! Jika kamu pede untuk pamer otot perut, tidak ada masalah juga untuk tidak mengenakan kaos saat latihan. 

Standar keperluan yang sebaiknya kamu miliki sendiri adalah pelindung tangan atau handwarp. Handwarp dikenakan sebagai ganjalan sebelum mengenakan sarung tinju atau gloves. Fungsi lainnya yaitu melindungi tangan kamu dari cedera. Alat satu ini biasanya dijual seharga 150 ribu rupiah. Bagi pemula biasanya akan diajarkan bagaimana caranya memasang handwarp. Tidak salah juga jika kamu latihan melalui YouTube untuk mencoba memasangnya.

Be ON TIME!

Biasakan datang tepat waktu di kelas tersebut. Standar latihan Muay Thai biasanya dibagi menjadi 4 komponen penting, yaitu pemanasan (warming up), teknik, sesi kombinasi bersama pelatihn (padding), dan pendinginan (cooling down) dalam waktu 1-1.5 jam. Jika kamu tidak datang tepat waktu, kamu akan melewati pamanasan atau parahnya kamu tidak bisa ikut kelas hari itu. Seperti yang kita tahu, pemanasan merupakan hal penting yang dilakukan sebelum berolahraga.

Kamu juga bisa mencoba sesi private jika kamu tidak pede menjadi anak baru sendirian. Sesi private berkisar 250-400 ribu untuk satu sesi. Keuntungan lainnya sesi private adalah perhatian pelatin yang terfokus pada kamu. Progress kamu dalam latihan Muay Thai akan lebih baik jika kamu mengambil sesi private.

Jangan malu jika salah gerakan. Semua pemula wajar mengalaminya. Tidak masalah jika kamu tetap dalam level kelas tersebut untuk satu hingga tiga bulan, mengulang gerakan yang itu-itu saja, atau kombinasi yang belum sebanyak member lain. Keamanan dari tiap gerakan dan menghindari dari cedera merupakan hal penting yang harus kamu utamakan. Atur nafas kamu selama sesi berlangsung. Buang nafas kamu setiap gerakan menyerang, entah pukulan atau tendangan. Kunci perut kamu dan luweskan pinggang.

Jangan menyerah ketika kelas pertama kamu berakhir. Muay Thai bukanlah olahraga santai, konsekuensinya adalah sakit sekujur badan. Mungkin bagi kamu yang sudah sering berolahraga, sakit badan tidak menjadi momok menakutkan, tapi bagi kamu yang benar-benar baru mencoba, good luck! Yap, keep it up! Jangan menyerah!!! Sakit badan setelah latihan bisa kaluan kurangi dengan mandi air hangat, istirahat yang cukup, cukupi asupan protein dan omega 3.

Bertanya kepada pelatih setelah kelas selesai juga tidak ada salahnya. Misalnya bagaimana jab, hook, atau kick yang benar? Bagaimana posisi stand yang sesuai? Atau semacamnya.

Gabung komunitas camp kamu. Teman di camp merupakan salah satu tim support kamu. Membangun komunikasi antar member Muay Thai juga menguntungkan bagi kamu. Siapa tau dari latihan bersama, bertukar whatsapp, instagram, atau social media bisa berakhir dipelaminan sepertiku. Hahaha.

Ingatlah satu hal, semua member yang berlatih bersama, semua pelatih kamu, siapapun idola Muay Thai kamu, pernah mengalami latihan perdana.

Jadi, apa kamu sudah siap latihan Muay Thai?​