Apa Itu ?

Muay Thai

มวยไทย

[muɛ̄j tʰɑ̄j]

Kata Muay secara harfiah berarti pertempuran dan berasal dari bahasa Sanskerta “mavya” yaitu tinju bela diri. Sementara kata Thai yaitu suku Thai. Muay Thai atau Thai Boxing adalah seni bela diri atau olahraga nasional dari Thailand.

Muay Thai merupakan olahraga pertarungan satu lawan satu yang dikenal sebagai “seni delapan anggota badan”.

Muay Thai dicirikan oleh penggabungan dari tinju, siku, lutut, dan tulang kering. Muay Thai dikenal sebagai bela diri stand-up-striking yang juga menggunakan clinching.  Mirip bela diri dari budaya lain seperti Lethwei di Myanmar, Pradal Serey di Kamboja, Muay Lao di Laos, dan Tomoi di Malaysia.

Muay Thai sering disamakan dengan Muay Boran. Muay Boran adalah pertarungan tinju kuno yang hanya menggunakan tangan kosong. Muay Thai juga kerap dikaitkan dengan Krabi Krabong yaitu seni bela diri berbasis senjata dari Thailand. Hal ini dikaitkan berdasarkan beberapa teknik tendangan, pitingan, dan gerakan-gerakan dalam wai khruWai khru sendri merupakan penghormatan kepada guru yang berupa tarian tinju “Ram Muay”Wai khru dilakukan setiap sebelum pertarungan Muay Thai dimulai.

Muay Thai merupakan turunan dari bela diri kuno Muay Boran dan dikaitakan dengan Krabi Krabong.

Muay Thai awalnya disebut dhoi muay (Toi Muay -baca) atau hanya Muay. Selain digunakan sebagai bela diri, dahulu Muay Thai digunakan untuk menghibur raja-raja Siam. Lalu menjadi seni terampil dan menghasilkan petarung hebat untuk melatih prajurit, pengawal pribadi, atau staf rumah kerajaan. Hingga akhirnya menjadi pertunjukan hiburan atau perayaan di festival lokal.

Praktisi Muay Thai dikenal sebagai nak Muay. Sementara praktisi Barat, kulit putih atau non-Asia Tenggara kadang disebut nak Muay farang atau petinju asing. Muay Thai menyebar secara internasional di akhir abad 20 hingga awal abad 21, ketika praktisi dari Thailand mulai berkompetisi dalam pertandingan kick boxing, MMA, serta pertandingan di bawah peraturan Muay Thai di seluruh dunia.

Di Thailand, liga professional diatur oleh The Professional Boxing Association of Thailand (P.A.T.) yang disetujui oleh The Sport Authority of Thailand (S.A.T.), dan di luar negeri oleh World Professional Muaythai Federation (W.M.F.). Pada kompetisi Muay Thai, seorang peserta menang dengan mencetak lebih banyak poin daripada lawan atau dengan mengalahkan lawan (KO). Hal ini sama seperti bela diri campuran (MMA), tinju, gulat, kickboxing, tae kwon do, capoeira, jiu-jitsu, dan sejenisnya.