Cara Memasang Muay Thai

Hai Crew!

Hand wrap merupakan pelindung tangan dari cedera yang sebaiknya dimiliki secara pribadi bagi kamu yang ingin latihan Muay Thai. Hand wrap tergolong terjangkau untuk dimiliki secara pribadi karena harganya yang murah dibandingan peralatan tambahan lainnya. Namun kamu butuh pelindung tangan dengan kualitas yang baik juga, jangan karena harga murah tapi tidak nyaman digunakan. Apalagi untuk pemula, hand wrap yang tidak sesuai dapat mengurangi tenaga yang sebenarnya bisa kamu keluarkan lebih baik pada saat memukul atau malah dapat menyebabkan cedera.

Apa pentingnya hand wrap?

Hand wrap sangat penting untuk melindungi tangan kamu. Tangan kamu terdiri dari tulang-tulang kecil, tendon dan tulang rawan yang agak rentan dengan cedera, sama seperti pergelangan tangan. Hand wrap melindungi tangan kamu dengan mendukung struktur tulang dan membuatnya stabil. Hand wrap juga menjaga pergelangan tangan agar tetap lurus sehingga pergelangan tangan terlindungi dari cedera ketika menekuk pada saat terkena benturan. Mungkin ada yang bilang bahwa seiring berjalannya waktu tangan kamu akan lebih kuat, namun hand wrap disini dapat meminimalkan risiko cedera yang dapat terjadi selama latihan.

Apa bedanya Muay Thai hand wrap dengan boxing atau MMA hand wrap?

Sebenarnya hampir sama, namun biasanya pelindung tangan yang digunakan untuk tinju lebih pendek dibandingkan hand wrap untuk Muay Thai. Beda bahan dan panjangnya hand wrap tersebut menawarkan perlindungan yang berbda untuk kamu. Boxing atau MMA sendiri kadang mengguanakan Inner gloves, mirip seperti sarung tangan atau  kaos ketat dari buku-buku jari (tanpa jari) hingga pergelangan tangan. Inner gloves ini lebih cepat pada saat digunakan. Namun Inner gloves seperti ini tidak memiliki bantalan dukungan pada buku-buku jari kamu sehingga tidak cukup untuk memproteksi tangan kamu dari cedera. Ada juga beberapa merk khusus dengan gel yang ditambahkan ke kain. Sementara hand wrap untuk pertandingan Muay Thai sendiri agak berbeda. Di Thailand pada saat pertandingan Muay Thai (hanya ada professional) sendiri menggunakan kasa (gauze) dan tape atau solatip. 

Cara memilih hand wrap?

Bahan hand wrap yang digunakan sebagian banyak orang adalah cotton. Secara umum ada 2 variasi hand wrap yaitu semi/elastis dan non elastis. Aku pribadi lebih memilih handwrap yang semi / elastis kerena akan terasa pas ditangan, tidak kaku dan tidak mudah longgar. Panjang hand wrap umumnya 4-5 meter, paling sering 4.5 meter. Banyak merk yang tersedia dipasaran. Merk yang tekenal seperti Fairtex, Twins, atau Adidas. Selain itu juga ada merk Indonesia yaitu Hawkey atau Mericano.

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada dua jenis hand wrap yaitu non elastis dan semi elastis / elastis. Kedua opsi ini akan memberikan keleturan pada saat kamu menggunakannya. Hand wrap yang tidak elastis akan bertahan lebih lama karena tidak dapat meregang setelah digunakakan. Sementara hand wrap semi elastis atau elastis akan lebih nyaman untuk kamu gunakan, tapi mungkin tidak akan bertahan selama dengan hand wrap non elastis.

Harga berbanding kualitas

Banyaknya produk yang dijual online dengan harga yang murah kadang tidak sebanding dengan kualitasnya. Standar harga hand wrap yaitu 150 ribu rupiah. Hand wrap  merupakan perlengkapan yang  baiknya dimiiki secara pribadi dan dengan kualitas terbaik, mengingat fungsi hand wrap itu sendiri. Hand wrap sendiri dapat bertahan cukup lama jika kamu rawat dengan baik, tapi volume latihan juga akan mempengaruhi kondisi hand wrapmu.

Kamu dapat mencoba memukul heavy bag tanpa hand wrap dan dengan hand wrap untuk mengetahui perbedaannya. Ingat, jangan gunakan kekuatan maksimum tanpa hand wrap.”

Bagaimana cara memasang hand wrap?

Banyaknya variasi untuk memasang hand wrap selalu menjadi salah satu masalah untuk member baru. Beberapa memasangnya dari pergelangan tangan terlebih dahulu, ada juga dari  buku-buku jari telebih dahulu. Ada yang memasangnya pada ibu jari dan ada yang tidak. Tiap pelatih atau camp biasanya mengajarkan cara yang berbeda-beda pula. Hal yang harus kamu ingat yaitu tidak perlu pusing, bahwa asal tangan kamu terlindungi dengan baik dan kamu nyaman menggunakannya. Selain itu kuncinya adalah memastikan bahwa kamu memasangnya pas tetapi tidak terlalu kencang atau terlalu longgar. Hand wrap yang terlalu kencang dapat menekan sirkulasi darah kamu sehingga kamu akan merasa kebas saat latihan. Sementara ketika hand wrap kamu terlalu longgar kamu tidak akan nyaman dan terganggu karena kendor.

Sebelum aku latihan Muay Thai di Thailand, aku selalu memasang tali pengait yang ada di hand wrap ke ibu jariku. Setelah itu dililitkan ke pergelangan tangan sebanyak empat atau lima kali. Setelah itu dililitkan ke ibu jari. Rumus dariku yaitu “Semua dimulai dari bawah ibu jari”. Dari bawah ibu jari ke sela-sela jari manis dan kelingking, ke depan telunjuk, ke belakang kelingking lalu kembali dari bawah ibu jari. Selanjutnya ke sela-sela jari tengah dan jari manis, ke depan telunjuk, ke belakang kelingking lalu kembali dari bawah ibu jari. Selanjutnya ke sela-sela telunjuk dan jari tengah, ke depan telunjuk, ke belakang kelingking lalu kembali ke depan telunjuk dan ke belakang kelingking lalu kembali ke bawah ibu jari, setelah itu kamu bisa menghabiskan sisa hand wrap kamu dengan membuat silang dari bawah ibu jari ke belakang kelingking, ke depan telunjuk, ke bawah kelingking lalu ke bawah ibu jari lagi. Sisakan sekitar 30-45 cm untuk kamu habis lilitkan pada pergelangan tangan kamu.

Saat aku latihan Muay Thai di Thailand aku diberi tau cara lainnya untuk menggunakan hand wrap. Kamu perlu melipat sebanyak lima atau tujuh kali hand wrapmu sesuai ukuran buku-buku jarimu, seperti membuat bantalan pada punggung tangan. Setelah itu diletakan di punggung tanganmu lalu dililitkan ke depan telunjukmu sebanyak dua atau tiga kali. Setelah itu dililitkan ke pergelangan tanganmu sebanyak tiga atau lima kali. Ingat rumus yang sama yaitu “Semua dimulai dari bawah ibu jari”. Dari bawah ibu jari dililitkan ke ibu jarimu. Setelah itu dari bawah ibu jari ke sela-sela jari manis dan kelingking, ke depan telunjuk, ke belakang kelingking lalu kembali dari bawah ibu jari. Selanjutnya ke sela-sela jari tengah dan jari manis, ke depan telunjuk, ke belakang kelingking lalu kembali dari bawah ibu jari. Selanjutnya ke sela-sela telunjuk dan jari tengah, ke depan telunjuk, ke belakang kelingking lalu kembali ke depan telunjuk dan ke belakang kelingking lalu kembali ke bawah ibu jari, setelah itu kamu bisa menghabiskan sisa hand wrap kamu dengan membuat silang dari bawah ibu jari ke belakang kelingking, ke depan telunjuk, ke bawah kelingking lalu ke bawah ibu jari lagi. Sisakan sekitar 30-45 cm untuk kamu habis lilitkan pada pergelangan tangan kamu.

Keduanya menurutku sama mudahnya, cara pertama mungkin akan lebih mudah dibanding kedua. Perbedaannya aku lebih mudah mengepalkan tanganku dengan cara yang kedua. Hal ini baik karena membuatku terbiasa mengepalkan tangan. Selain itu cara kedua terasa lebih aman untuk punggung tangan karena adanya bantalan. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki variasi memasang hand wrapnya sendiri, jadi jangan terjebak dengan jumlah lilitan yang pasti, dll. Penentu lainnya yaitu panjang hand wrap kamu yang menentukan bagaimana cara memasangnya di tanganmu.

Apakah kamu memasang hand wrap dengan benar?

Simpelnya, jika kamu memasangnya dengan benar, hand wrap akan terasa pas, tidak ketat atau terlalu longgar. Pada saat kamu meninju samsak hanya dengan hand wrap, kamu tidak merasa pergelangan tanganmu melilit. Sehingga kamu tau bahwa semua pas di tanganmu.

Kesalahan umum?

  1. Memasang hand wrap terlalu ketat, sehingga sirkulasi darahmu terhambat.
  2. Memasang hand wrap longgar, sehingga lilitan akan berantakan saat kamu berlatih.
  3. Menggunakan hand wrap yang pendek atau menggunakan sarung tinju yang lebih kecil, sehingga dapat menyebabkan memar pada buku-buku jari ketika kamu memukul. Parahnya? Hingga bisa menyebabkan kulit mengelupas. Penyebabnya biasanya karena bahan hand wrap yang kamu gunakan bukanlah bahan yang tipis dan elastis, melainkan bahan katun tebal. Jadi ketika buku-buku jari kamu basah dan bahan yang melilit ini dapat melukai kulitmu.
  4. Menggulung atau melilit dengan sisi yang salah, sisi yang salah disini maksudnya yaitu ke arah bawah. Selalu ingat rumusku “Semua dimulai dari bawah ibu jari” naik ke atas.
  5. Tidak bisa mendukung pergelangan tanganmu dengan baik saat memukul, jika pergelangan tangan kamu tidak kencang, pergelangan tangan kamu dapat terkilir ketika kamu memukul.
  6. Lupa melilit ibu jari. Walaupun banyak cara untuk memasang hand wrap, bagiku penting untuk melilit ibu jari kamu agar tetap pada tempatnya.
  7. Memilih handwrap yang murah, hand wrap berkualitas rendah yang terbuat dari bahan kasar dapat menggesek buku jari kamu sampai ke titik di mana kulit akan mengelupas, menyebabkan luka terbuka pada buku jari kamu saat basah.

Bagaimana menghindari memar di buku jari?

  1. Gunakan hand wrap dengan panjang 4.5 meter, elastis, lembut dan non-abrasif.
  2. Gunakan ukuran sarung tinju yang pas.
  3. Gunakan sisipan gel di bawah handwrap atau hand wrap dengan gel.
  4. Tidak mengepalkan tangan saat memasang hand wrap. Selama memasang hand wrap biasakan selalu merilekskan tangan dan merengangkannya.

Bagaimana cara merawat hand wrap?

Banyaknya hand wrap yang harus kamu miliki adalah sesuai dengan seringnya kamu latihan. Setidaknya 2 pasang. Aku pribadi memiliki 5 pasang. Alasannya karena jika kamu selalu mengenakan hand wrap yang sama, itu akan berbau busuk atau parahnya terlalu banyak jumlah bakterii atau jamur di hand wrapmu. Hand wrap yang bersih dapat menjaga sarung tinjumu juga dari bau busuk. Begitupun sebaliknya, jika sarung tangan basah dapat menyebabkan bau busuk yang menempel di hand wrapmu.  Itulah fungsinya menjaga kebersihan keduanya. Selain itu menjaga agar tanganmu terhindar dari bakteri atau jamur. Kamu mungkin bisa menggunakan hand wrap yang sama untuk satu atau dua kali, dengan syarat kamu harus menjemurnya hingga kering dari keringat sebelumnya.

Untuk merawat hand wrap cukup dimasukan ke dalam mesin cuci atau mencuci dengan tanganmu. Mencuci dengan mesin cuci terkadang membuatnya terlilit dengan pakaian lain. Selain itu, warna pada hand wrap terkadang luntur, sehingga ada baiknya untuk memisahkannya dengan pakaian lain.

Satu lagi, setelah latihan jangan lupa cuci tanganmu!