Bagaimana Cara Memasak

Panduan Untuk Duda

Jadi kamu baru bercerai dan tinggal sendiri? Sungguh ini adalah sesuatu yang menyakitkan. Tak ada yang suka rumah tangganya berantakan di tengah jalan. Tapi kalau ini harus terjadi maka siapa pun harus tabah dan sabar, karena keputusan yang diambil tentu sudah melalui perenungan dan proses mediasi yang panjang tentunya. Atau mungkin singkat? Bagaimana pun nasi sudah menjadi bubur, kamu harus bertahan hidup dalam kesendirian.

Nah, tiba-tiba muncul masalah yang tak pernah kamu antisipasi sebelumnya, tak pernah terpikirkan, sekalipun saat kamu masih bersama istrimu, saat kemesraan menghiasi hari-harimu, saat belum banyak pertengkaran demi pertengkaran yang memutuskan hubungan kalian sebagai suami istri, yaitu hal-hal yang berkenaan dengan dapur. Kamu butuh memasak telur tapi tidak tau darimana memulainya. Ini bukan cerita fiktif, bukan lelucon, kamu bukan komika yang sedang melakukan standup comedy. Ini kenyataan konyol. Sesuatu realita yang bisa menimpa siapa saja yang tak pernah mengamati hal-hal kecil saat berumah tangga dengan pasangannya.  

ayam

Kenapa banyak laki-laki tidak tahu cara memasak telur? Apakah pertanyaan ini terdengar konyol? Kalian para wanita, apalagi yang gemar memasak, mungkin akan geleng-geleng kepala mengetahui kenyataan ini. Bisa jadi lelaki atau suami Anda itu hebat di kantor, pintar mencari uang, punya relasi yang luas, tapi kalau urusan  memasak telur pun tak tahu, siapapun pasti dibuat gregetan karenanya. Ini berhubungan dengan kepedulian. Siapa yang ingin menguasai sesuatu keahlian hendaknya dia belajar dan mengamati cara membuat sesuatu, termasuk memasak telur, merebus atau menggorengnya. Okelah, kembali kepada para duda, silakan kalian jawab pertanyaan ini:

Mana yang lebih dulu lahir? Ayam atau telur?

Kamu tidak perlu dibuat pusing untuk menjawab pertanyaan ini. Yang perlu kamu lakukan adalah bagaimana kamu bisa makan hari ini, sesuatu yang seharusnya mudah dimasak yaitu telur. Jangan biarkan telur itu membusuk, kamu harus lakukan sesuatu agar kamu bisa memakannya. Tak ada pilihan lain, kamu harus memasaknya. Ayo, segera take action, pergi ke dapur, siapkan peralatan memasak dan yakinlah bahwa memasak telur itu adalah pekerjaan mudah, lebih mudah dari meningkatkan omset penjualan di kantor!

Langkah-langkah memasak telur

Berikut langkah-langkah yang dibutuhkan untuk memasak telur. Sebelumnya pastikan dulu kamu mau merebus telur atau menggorengnya?

Kalau cuma merebus, ini sama dengan merebus air. Taruh telur di dalam panci yang sebelumnya sudah kamu isi air, nyalakan kompor, taruh panci di atas kompor. Tunggu beberapa saat hingga air mendidih lalu tiriskan, maka kamu bisa langsung mendapatkan telur rebus yang sudah matang. Jangan lupa dikupas cangkangnya! Lalu tinggal memakannya saja.

Kalau kamu ingin menggoreng, tentu kamu tinggal nyalakan kompor lagi dan panaskan wajan atau teflonmu hingga cukup panas. Pastikan kamu tidak panik terutama jika api terlalu besar, kecilkan api lalu lakukan langkah selanjutnya dengan tenang.

Berikutnya, tambahkan sedikit minyak. Minyak yang bisa kamu gunakan mentega atau margarin, kanola atau minyak zaitun, atau sesuatu yang mudah di dapat di warung, biasa di sebut minyak goreng.

Pecahkan telur dan masukan kedalam wajan. Nah, lihat apa yang terjadi!

Kamu sedih dan kesal karena ada cangkang telur yang ikut masuk! Ini adalah ketidaksengajaan, bukan kesalahan besar. Kamu hanya perlu tenang tapi cepat ambil tindakan.

Ambil cangkang telur tersebut dengan menggunakan spatula. Lakukan dengan hati-hati.

Sabar, apalagi yang lebih baik dari itu? Ingat tak perlu terbebani memikirkan mana yang duluan ada di bumi, ayam atau telur.

Balik telur tersebut jika kamu tidak suka setengah matang. Siapkan piring dan tunggu hingga telur itu matang. Jangan terlalu lama memasaknya. Kamu tidak ingin makan makanan gosong kan?

Selesai, tidak susah kan? Selamat mencoba.