Panduan Lengkap di Thailand

Hai Crew!

Sekarang Muay Thai adalah salah satu bela diri yang sering diperbincangkan. Muay Thai dikenal dengan seni delapan anggota badan yang melibatkan tangan, siku, lutut dan kaki. Selain olahraga ini bagus untuk tubuh bila dilakukan secara teratur, Muay Thai juga bermanfaat untuk meningkatkan percaya diri, disiplin dan pastinya bela diri.

Bagi kamu yang telah berlatih Muay Thai khususnya untuk jangka waktu yang cukup lama, latihan langsung di Thailand mungkin masuk ke dalam list keinginanmu. Bagaimana ya rasanya latihan Muay Thai langsung di Thailand? Seberapa ketat atau disiplinnya sih latihan di Thailand? Itu adalah beberapa pertanyaan dalam benakku sebelum aku berangkat ke Thailand.

Kenapa kamu harus latihan Muay Thai di Thailand?

Karena dari Thailand lah semua ini bermulai. Thailand terkenal dengan adegan Thai Boxing dan Muay Thai yang telah berlangsung selama berabad-abad. Banyak orang datang ke Thailand untuk latihan langsung dengan pelatih dan petarung terbaik serta berpengalaman dari Thailand. Selain itu latihan Muay Thai di Thailand memberikan kamu liburan yang sehat bugar.

10 Tips latihan Muay Thai di Thailand

Bagi kamu yang berencana untuk pergi ke Thailand dan latihan Muay Thai disini, berikut kuberikan 10 tips latihan Muay Thai di  Thailand.

1. Pastikan kamu punya paspor dan masih berlaku

Tidak perlu khawatir untuk visa. Thailand membebaskan visa bagi paspor Indonesia selama 30 hari. Kamu juga bisa meminta izin perpanjang visa menjadi 60 hari. Kamu juga bisa datang ke kedutaan Thailand untuk meminta visa 3 bulan. Beberapa camp pun menawarkan student visa bagi kamu yang ingin serius belajar Muay Thai untuk 6-9 bulan.

2. Memilih tempat latihan Muay Thai

Memilih tempat latihan Muay Thai dimulai dari di daerah mana kamu ingin latihan Muay Thai selama di Thailand. Kota seperti Bangkok, Pattaya, atau Chiang Mai? Pulau seperti Phuket, Koh Yao Noi atau Krabi? Biasanya camp di Thailand ada yang diisi dengan orang lokal Thailand saja dan jarang kedatangan turis asing atau disini disebut ‘farang’ serta ada juga camp yang sudah biasa didatangi oleh ‘farang’. Setelah itu kamu bisa mempertimbangkan camp di daerah tersebut yang sesuai dengan pengalaman latihan kamu serta keinginan kamu. Mungkin kamu hanya ingin latihan sekaligus jalan-jalan saja? Mungkin kamu ingin fokus menurunkan berat badan? Atau mungkin kamu mau latihan untuk menjadi petarung?

Saat kamu mencari tempat latihan Muay Thai di Thailand hal yang paling mudah kamu lakukan adalah melihat review camp tersebut dari berbagai sumber. Kamu bisa mengeceknya dari web tempat latihan tersebut, review Google, rekomendasi blogger atau traveler, ataupun web lainnya seperti TripAdvisor. Tanyakan pertanyaan yang mungkin masih belum jelas bagi kamu jika memungkinkan untuk mengontak tempat latihan tersebut.

3. Sesi latihan Muay Thai

Jadwal sesi Muay Thai di Thailand biasanya 2-3 kali dalam sehari. Sesi Muay Thai pada umumnya berlangsung selama 1.5 jam. Muay Thai disini selalu identik dengan lari sebagai pemanasannya. Pelatih Muay Thai bilang “No Run No Muay Thai”. Mereka bilang berlari adalah pemanasan yang paling baik untuk melatih kekuatan otot kaki. Selain itu beberapa camp juga melakukan lompat tali sebagai pemanasannya. Setelah itu sesi dilanjutkan dengan peregangan, shadow boxing, teknik Muay Thai, heavy bag, dan padding. Jika kamu sudah mumpuni untuk sparring atau clinching, mungkin pelatih akan menawarkan untuk sesi penutup sebelum pendinginan. Jangan kaget dengan puluhan atau seratus sit up, push up, knee, atau kick sebagai selingannya.

Berapa kali dalam satu hari? Berapa hari dalam satu minggu? Itu jawabannya ada padamu. Kamu bisa menyesuaikan dengan level kebugaran dan pengalamanmu. Saranku yaitu ikutilah dengan perlahan sampai stamina perlahan bertambah. Pelatihan dengan intensitas dan frekuensi yang terlalu ‘hard-core’ seperti itu akan menghancurkan sistem kekebalan tubuh kamu sendiri, rawan cedera, dan menghabiskan waktu kamu di Thailand dengan sakit di tempat tidur. Kamu tidak mau kan liburanmu malah menjadi pemborosan total?’

4. Fokus pada dasar Muay Thai

Selagi kamu berada di Thailand, ada baiknya jika kamu belajar teknik dari dasar. Habiskan waktumu di tempat latihan untuk mengetahui gerakan yang tepat. Walaupun tiap daerah punya gaya masing-masing, setidaknya saat kamu pulang ke Indonesia kamu bisa menunjukan ke pelatih atau teman-temanmu bagaimana kamu diajarkan di Thailand. Jangan habiskan waktumu untuk mempelajari gerakan rumit seperti superman punches, jumping elbow, atau sejenisnya. Ya kamu bisa mempelajarinya jika kamu latihan di Thailand untuk waktu yang lama.

5. Akomodasi

Akomodasi untuk kamu tinggal selama berada di Thailand menjadi pilihanmu. Kamu bisa memilih akomodasi yang ekonomis maupun yang mewah tergantung kemampuan kamu. Kamar bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat bervariasi dari 200 ribu rupiah hingga jutaan rupiah per malam. Kamu bisa memilih untuk mencari camp yang menyewakan kamar jika kamu mau fokus hanya latihan Muay Thai saja. Banyak tersedia camp dengan dormitory dengan harga yang terjangkau. Bersiaplah untuk mendengar suara dari tempat latihan jika kamu tinggal di dormitory. Kamu pun bisa memilih kamar dengan fasilitas yang lebih baik.

Untuk urusan baju, aku pribadi bukanlah seorang yang pergi dengan banyak barang. Disini mudah untuk mencari laundry atau coin washing machine, seperti mesin cuci yang disewakan unutk umum. Beberapa hotel atau camp pun menawarkan jasa laundry dengan biaya tambahan tentunya. Jika kamu mau dan memungkinkan bagi kamu untuk mencuci baju sendiri, itu kembali lagi menjadi pilihanmu.

6. Makanan dan minuman

Pineapple fried rice

Makanan di Thailand relatif terjangkau. Tidak berbeda jauh dengan di Indonesia. Semua kembali lagi dengan pilihan dan gaya hidup kamu. Mau makan apa dan dimana. Mau jajan di pinggir jalan atau di restoran. Pastinya kamu perlu mencoba makanan-makanan unik selama di Thailand. Jika kamu menyewa tempat tinggal di camp, beberapa camp juga menawarkan paket dengan jatah makan harian. Entah 1-3 kali sehari. Bagi kamu pecinta makanan pedas pun tidak perlu khawatir, karena Thailand punya banyak pilihan makanan pedas. Makanan unik di Thailand.

Satu porsi nasi goreng bisa kamu dapatkan dengan harga 60 bath atau 25 ribu rupiah. Sayangnya Indomie agak mahal disini, sebungkusnya seharga 18 bath atau 8 ribuan. Jika kamu mau belanja ke pasar tradisional, mungkin komunikasi agak lebih sulit. Namun harga buah misalnya pisang dan sayuran relatif sama dengan pasar tradisional di Indonesia. Jangan kaget jika kamu auto direspon dengan bahasa Thailand, karena wajah kita mirip-mirip.

Cuaca di Thailand relatif sama dengan di Indonesia. Bedanya jika di Indonesia musim hujan, di Thailand musim kering. Begitupun sebaliknya. Jika kamu datang latihan di musim kering kamu harus menjaga dirimu dari dehidrasi. Kamu bisa menambahkan electrolyte pada minumanmu.

7. Transportasi

Transportasi di kota akan lebih bervariasi ketimbang di pulau. Paling mudah di keduanya adalah menyewa motor. Harganya bervariasi biasanya tergantung berapa lama kamu ingin menyewanya. Harga hariannya berkisar 60-100 ribu rupiah. Harga sewa motor akan lebih terjangkau untuk satu bulan.

Jangan khawatir jika kamu tidak berani menyewa motor, ada juga sewa sepeda. Jika kamu masih kurang percaya diri, transportasi lokal yang pasti tersedia di kota dan pulau adalah “tuk-tuk”. Tuk-tuk di tiap tempat bisa berbeda bentuk. Ada tuk-tuk yang seperti taksi lokal, tuk-tuk seperti mobil bak terbuka dengan bangku, atau becak motor. Susah-susah gampang untuk percaya dengan tuk-tuk, karena banyaknya kasus tembak harga. Jika kamu menggunakan taksi pastikan argo menyala, sama saja seperti kasus banyaknya taksi di Indonesia yang kadang nakal.

8. Menghargai budaya lokal

Thailand masih menjunjung tinggi budaya lokal. Budayanya sangat bervariasi tergantung dimana kamu memilih untuk latihan. Tapi tetap saja kamu harus menjaga sikap ketika berada dan latihan di Thailand. Kamu pun harus menghargai pelatih selama berada disana. 

9. Jangan malu bertegur sapa dan bertanya

Kamu mau latihan Muay Thai di Thailand tapi sendirian? Tidak masalah. Thailand adalah negara yang ramah dengan turis. Banyak juga turis asing yang liburan sendirian. Berkenalanlah dengan teman baru yang bisa datang dari sudut manapun di dunia. Mengenal budaya baru bukanlah hal yang salah. Kamu pun tidak perlu malu untuk bertanya mengenai teknik, gerakan, diet, budaya, atau kebiasaan disana.

10. Mengeksplor tempat sekitar

Kamu sudah berada di Thailand. Kamu boleh berlatih 2 kali sehari untuk 5-6 hari dalam seminggu hanya saja saranku jangan lupa melipir ke sekitar. Mencoba jajanan lokal, mengunjungi candi, main-main ke pantai, mendaki trek, menyaksikan atraksi lokal, ataupun menonton langsung pertandingan Muay Thai. Salah satu yang perlu kamu coba ketika lelah setelah latihan Muay Thai adalah mencari Thai Massage!

Bagaimana? Sudah paham 10 tips diatas? Sedikit cerita dariku, Februari 2019 merupakan kali pertama aku ke Thailand. Bukan Bangkok ataupun Phuket, melainkan Koh Lanta di Krabi.

Kenapa Koh Lanta?

Koh Lanta adalah pulau kecil di bagian Selatan dari Thailand. Pulau ini terbagi menjadi Koh Lanta Noi atau “Pulau Lanta Kecil” dan Koh Lanta Yai atau “Pulau Lanta Besar”. Kebanyakan turis menghabiskan waktu di Koh Lanta Yai atau simpelnya kita bilang Koh Lanta. Disini mata kalian akan dimanjakan dengan birunya air laut sepanjang mata memandang. Pepohonan rindang yang pasti jauh dari kata ‘kota’.

Pulau kecil yang bermayoritaskan muslim jadi seperti masih berasa di Indonesia. Mudah juga untuk mencari masjid atau mushola, speaker pun terpasang di beberapa sudut jalan yang membuat kamu tidak ketinggalan adzan. Bagusnya lagi adzan Subuh disini sekitar jam 5, jadi bagi kamu yang sudah terbiasa bangun pagi, kamu bisa agak santai disini. Pulau ini bisa kamu putari dalam waktu 2 jam dengan motor. Pantainya biru jernih yang membuat auto-nyebur, tapi aku ingat kalau aku tidak bisa berenang. 

Dari Indonesia pesawat biasanya transit di Kuala Lumpur lalu lanjut ke Krabi. Saat kamu sampai di Bandara Krabi, akan banyak sekali jasa taksi yang siap mengantarkan kamu ke camp tujuanmu. Biasanya juga camp atau tempat kamu tinggal seperti hotel, hostel, atau resort akan menyediakan jasa penjemputan untukmu.

Seperti yang aku bilang sebelumnya jika cuaca disini adalah kebalikan di Indonesia. Jika kamu ingin menghemat budget, kamu bisa datang saat low season atau musim hujan atau sekitar bulan Mei-Oktober. Selain harga penginapan akan relatif lebih terjangkau, kamu juga memiliki kesempatan untuk latihan lebih intensif dengan pelatih karena tidak begitu banyak turis yang datang ke pulau ini di musim hujan. Walaupun resikonya akan lebih sedikit restoran yang buka ataupun kesempatanmu untuk menjelajah sekitar dikarenakan hujan. Selain itu saat low season tidak ada stadium yang buka untuk menonton pertandingan Muay Thai. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Koh Lanta National Park.

Pada saat high season atau November-April di pulau ini rutin mengadakan pertandingan Muay Thai 4 kali dalam seminggu! Kamu perlu membayar tiket yang biasanya 400 bath. Menurutku pribadi, aku lebih menyukai cuaca disini saat musim hujan, karena lebih lembab dan mirip cuaca di Bogor. Hujannya pun tidak lebat sekali atau angin kencang, hanya kadang hujan sedang sepanjang hari lalu kering beberapa hari.

Saat ini (Agustus-Oktober 2019) pun aku kembali ke pulau ini cerita mingguanku bisa kamu baca disini.

Lanta Sport Resort

Lanta Sport Resort merupakan salah satu resort populer di pulau Lanta. Selain resort dengan kualitas bintang empat, Lanta Sport Resort juga punya Muay Thai Academy. Fasilitasnya lainnya adalah retoran & bar, kolam renang 25m, dan bootcamp fitness. Pilihan kamarnya dan harganya pun bervariasi mulai dari Gym room, Superior room, Deluxe room, Pool access room, dan Family apartment. Tiap kamar bisa disatukan dengan paket latihan Muay Thai dan bootcamp. 

Lanta Muay Thai Academy terbuka untuk semua level dan pengalaman, anak-anak ataupun dewasa. Bagi kamu pemula yang hanya ingin bugar, menurunkan berat badan dan meningkatkan stamina tubuh. Serta kamu yang ingin belajar Muay Thai dengan serius dengan tujuan bertarung di atas ring. Sangat terbuka kesempatan bagi kamu untuk bertanding disini pada high season. Lanta Muay Thai Academy pun menyediakan kursus untuk menjadi pelatih serta menyediakan education visa untuk kamu tinggal lebih lama dan belajar Muay Thai. Lanta Muay Thai Academy puya toko yang menyediakan berbagai perlengkapan Muay Thai. Lanta Muay Thai Academy memiliki 2 ring yang biasa digunakan saat padding dan sparring serta lebih dari 10 heavy bag. Pelatih Muay Thai disini pun ‘bisa’ berkomunikasi dengan jelas untuk menjelaskan gerakan atau teknik walaupun beberapa diantaranya memiliki kosakata yang terbatas dalam bahasa Inggris. Saat pemanasan dan pendinginan biasanya dibantu oleh pelatih fitness bootcamp yang berasal dari Rusia pastinya fasih berbahasa Inggris juga.

Special untuk kamu, kamu bisa bertanya langsung kepada ku jika berminat untuk rehat sejenak dari penatnya ibukota dengan memulai gaya hidup sehat, rutin latihan dan bersantai di tepi pantai. Aku akan memberikan harga khusus yang bila normalnya bisa kamu cek di website Lanta Sport Resort disini. Kamu bisa bergabung menjadi salah satu pengamat senja yang pastinya indah di Koh Lanta!

Terakhir

Bagi kamu yang menyukai olahraga ini, mungkin ini mimpimu. Apa pun tingkat fitness atau pengalaman kamu, Muay Thai adalah olahraga yang bagus untuk meningkatkan kekuatan dan kondisi fisikmu. Ikuti panduan ini jika kamu ingin mencoba latihan Muay Thai di Thailand. Panduan ini akan sangat membantumu sebelum-saat-setelah latihan di Thailand. Tunggu apa lagi segera pesan tiket pesawat dan terbang kesini! Ayo latihan Muay Thai, bertemu teman baru, jalan-jalan, dan menikmati pulau Lanta! Sampai bertemu disini!